BERITA

Refreshment Training SFM, 11-18 April 2018

Pada 11-18 April 2018, Manajemen PT. Telagabakti Persada mengikuti refreshment training Sustainable Forest Management(SFM) yang diselenggarakan di Camp Jikodolong, Maluku. Tim Manajemen meliputi Bpk Agoes Santoso (Manager), Bpk Uspa M, dan Bpk M. Sibua, Bpk Munir, dan Bpk Bachtiar. Dalam training ini seluruh personil yang terlibat didalam mendukung kinerja PHPL direfreshkembali pengetahuannya mengenai Monitoring & Evaluasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari yang diterapkan di masing-masing lokasi kerja. Materi yang disampaikan terkait pengelolaan High Conservation Value Forest(HCVF), Reduce Impact Logging(RIL) dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Selain peserta dari PT. Telagabakti Persada, terdapat juga peserta dari beberapa konsesi. Dalam pelatihan ini peserta melakukan observasi lapangan serta diskusi mengenai pemecahan dari kendala-kendala yang pernah terjadi di masing-masing lokasi kerja peserta.

 

Refreshment Training Reduced Impact Logging (RIL)

Pada tanggal 10-11 April 2018 Manajemen PT. Telagabakti Persada melaksanakan refreshment training Reduced Impact Logging(RIL) yang diselenggarakan di Camp Jikodolong, Pulau Obi. Tujuan dilaksanakannya training ini yaitu untuk menyamakan pemahaman tentang pelaksanaan Reduced Impact Logging(RIL) dan Menjaga konsistensi kinerja Reduced Impact Logging(RIL) di PT. Telagabakti Persada. Materi training disampaikan oleh Bpk Bayu Catur Nurcahya. Peserta training terdiri dari 30 orang karyawan bidang produksi. Dalam training ini seluruh peserta direfresh kembali pengetahuannya mengenai penerapan Reduced Impact Logging(RIL) dan pembahasan kendala-kendala yang terjadi di lapangan.

 

 

 

 

 

 

 

Refreshment Training Implementasi PHPL Skema FSC®

Pemahaman tentang PHPL dan bagaimana menjaga konsistensinya di lapangan merupakan kunci dari keberhasilan penerapan PHPL.Maka dari itu Manajemen PT. Telagabakti Persada melakukan Training mengenai Implementasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Skema FSC®.Kegiatan Refreshment Training ini dilakukan pada bulan Juli 2016.

 











 

Resertifikasi PHPL Mandatory

 

Setelah memperoleh sertifikat PHPL pada periode pertama (2012-2017), pada Bulan Juli 2017 PT. Telagabakti Persada telah melaksanakan kegiatan Resertifikasi PHPL Mandatory untuk memperoleh sertifikat PHPl periode 2 (2017-2022) yang diperoleh dari PT. Global Resource Sertifikasi dan mendapat predikat Baik.

 

Refreshment Training RIL

Sebagai Wujud Komitmen PT. Telagabakti Persada dalam menjalankan Pemanenan hutan dengan teknik Reduced Impact Logging (RIL) ditunjukan dengan dilaksanakannya Refreshment Training RIL yang dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Kegiatan tersebut dilakukan atas kerjasama PT. TBP dan TFF dengan melibatkan bidang Perencanaan dan Produksi.

 

Pelatihan dan Penilaian Manajemen K3 #2

Sistem manajemen K3 di Industri kehutanan menjadi point yang penting karena kehutanan mempunyai resiko yang tinggi untuk terjadinya kecelakaan dan gangguan kesehatan. Dalam hal ini PT. Telagabakti Persada melakukan Pelatihan dan Assessment K3 pada tanggal 5 – 7 Maret 2017 bekerjasama dengan 4Life Indonesia.

 

Penyerahan Sertifikat FM/CoC-FSC®

PT. Telagabakti Persada berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Pengelolaan Hutan Lestari demi tercapainya kesinambungan hasil hutan dan lingkungan serta pengakuan dari dunia Internasional. Upaya tersebut telah diwujudkan dengan diperolehnya Sertifikat FM/CoC-FSC® dari Rainforest Alliance pada bulan Juni 2016. Penyerahan sertifikat FSC® dari Lembaga

Sertifikasi Rainforest Alliance tanggal 14 Juli 2016 di Talita Mountain Resort – Ciloto.

 





 

 

 

Main Assessment Sertifikasi FM/CoC- FSC®



Sebagai komitmen untuk melaksanakan Pengelolaan Hutan Lestari, PT Telagabakti Persada telah melakukan Main Assessment FM/CoC-FSC®yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober – 04 November 2015. Dan Corrective Verification Audit (CVA) pada tanggal 11-12 Mei 2016. Penilaian dilakukan oleh tim dari Rainforest Alliance yang terdiri dari Bpk I Gusti Ngurah Agus EP, Bpk Dr. Satria Astana dan Lely Puspitasari.

 

Training RIL Modul #2 dan Modul #3

Sebagai upaya penerapan Teknik Pemanenan yang Ramah Lingkungan, PT. Telagabakti telah melakukan pelatihan RIL yang bekerjasama dengan Tropical Forest Foundation (TFF). Pelatihan RIL di PT. TBP dilaksanakan pada bulan Mei 2015 (Modul #2) dan bulan Agustus 2015 (Modul #3).

 

Surveillance PHPL ( Mandatory)

Sejak tahun 2012 PT. Telagabakti Persada telah memperoleh sertifikat PHPL Mandatory bernilai Baik dari PT. Global Resource Sertifikasi, setiap tahunnya dilakukan surveillance/penilikan untuk menilai komitmen perusahaan dalam memenuhi standar PHPL yang dilaksanakan pada Mei – Juni setiap tahunnya.

 

Pelatihan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) #1

Pelatihan Dasar K3 difokuskan pada pemahaman langsung tentang Sistem K3 serta bentuk implementasinya diseluruh area kerja perusahaan dan proses penerapan dan pelaksanaannya. Selain itu pelatihan ini juga diharapkan dapat mengembangkan kompetensi karyawan sebagai bagian didalamnya dalam mendukung program yang lebih terencana. Pelatihan dasar K3 ini dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 Maret 2015 oleh IEC Proxsis.

 

Study Permudaan Alam Pada Sistem TPTJ

Untuk mengetahui produktivitas hutan akibat penerapan TPTJ, telah dilakukan penelitian terhadap atribut ekosistem hutan, diantaranya adalah studi vegetasi dan studi kondisi tempat tumbuh. Studi ini dilakukan dengan bekerjasama dengan Pakar Silvikultur IPB Bpk. Prijanto Pamoengkas dari Wana Kestava pada bulan Juni 2015.

 

Sosial Impact Assessment (SIA)

Penilaian dampak sosial ( Sosial Impact Assessment ) di PT. Telagabakti Persada dimaksudkan untuk mengetahui dampak sosial yang ditimbulkan akibat kegiatan operasional perusahaan pada masyarakat desa, baik didalam maupun sekitar areal kerja. Kegiatan SIA diselenggarakan atas kerjasama dengan PT. Inti Mitra Makmur yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 29 Januari 2015.

 

Study High Conservation Value Forest (HCVF)

Identifikasi HCVF dilaksanakan untuk mengetahui daerah yang memiliki nilai konservasi tinggi pada areal PT. Telagabakti Persada dengan memperhatikan aspek-aspek keanekaragaman hayati, ekologi dan Sosial budaya. Identifikasi HCVF diselanggarakan atas kerjasama PT. Telagabakti Persada dengan PT. Wana Kestava yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari – 7 Februari 2015.